Kata motivasi anak yatim piatu paling menyentuh hati

Derita anak yatim piatu

Derita anak yatim piatu

Doa rintihan anak yatim piatu – Yatim piatu merupakan keadaan dimana seorang anak yang sudah tidak mempunyai ayah dan ibu maka disebut anak yatim piatu. Sudah tidak punya disini dalam arti mereka ( ayah dan ibu ) sudah tiada di dunia. Sungguh Allah maha tahu, dibalik sesuatu pasti ada rahasia Allah yang akan membuat seorang anak yatim piatu bahagia.

Tanpa ayah dan ibu, apalah gunanya hidup didunia ini. Ya, orang tua adalah orang yang sangat dekat dengan kita. Orang yang selalu menjadi tempat berkeluh kesah didunia. Tempat sumber kasih sayang untuk anak-anaknya. Namun jika ternyata detik ini kamu sudah tidak bersama kedua orang tuamu. Jangan menyerah untuk hidup, tetap semangat dalam mencapai cita-cita. Ibu dan ayah akan selalu ada, ada di hati yang paling dalam. Untuk, itu dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa kata penyemangat anak yatim piatu untuk anda yang bisa anda gunakan baik lewat status WhatsApp, status facebook, history anak yatim piatu ataupun sosmed lainnya.

Kata mutiara islami untuk anak yatim piatu

“Inginkah hati Anda menjadi lembut dan damai? Rasulullah SAW memberi resep untuk itu. Kata beliau, ”Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai. (HR Thabrani).”

“Hadis tersebut memberikan petunjuk kepada umat Islam bahwa salah satu sarana untuk menenangkan batin dan mendamaikan hati ini adalah mendekati anak yatim, terlebih yatim piatu. Mengusap kepala mereka dan memberinya makan minum merupakan simbol kepedulian dan perhatian serta tanggung jawab terhadap anak yatim/piatu.”

“Berbuat baik terhadap anak yatim/piatu bukanlah sekadar turut membantu menyelesaikan lapar dan dahaga sosialnya. Tetapi, di sisi lain perbuatan itu merasuk ke dalam batin, menenteramkan hati, dan mendamaikan perasaan orang yang memberi perhatian kepada mereka. Berbagai ayat Alquran dan hadis Nabi banyak membicarakan betapa mulianya kedudukan anak yatim/piatu di mata Allah SWT.”

“Di dalam surat Ad-Dhuha ayat 9, Allah SWT melarang untuk melakukan kekerasan kepada anak yatim/piatu. Firman Allah SWT: ”Adapun terhadap anak yatim maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.” Anak yatim yang ditinggal wafat oleh ayahnya dan yatim piatu yang ditinggalkan ayah-ibunya, mendambakan belaian dan kasih sayang dari orang lain. Baik keluarga terdekat maupun dari yang lainnya. Ia mengharapkan tumpuan kasih sayang dan sebaliknya juga sekaligus menjaga sumber kasih dan ketenangan itu. Orang yang menenangkan hati dan perasaan anak yatim, ia pun akan memperoleh balasan seperti itu pula, yakni ketenangan batin.”

“Rasulullah SAW terkenal dengan kelemahlembutannya yang demikian tinggi terhadap anak yatim/piatu. Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa pada suatu hari raya Idul Fitri, Rasulullah SAW melihat seorang anak yatim, lalu beliau mengelus dan merangkulnya, berbuat baik padanya, membawa anak itu ke rumah beliau, lalu berkata kepada anak yatim itu, ”Wahai anak, maukah engkau bila aku menjadi ayahmu dan Aisyah menjadi ibumu?”

“Jadi, anak yatim/piatu adalah sumber ketenangan batin, mendekati dan berbuat baik kepadanya akan menenangkan kalbu. Sebaliknya, jikalau anak yatim disakiti dan dizalimi, maka Allah SWT akan menurunkan kesengsaraan hidup kepada mereka yang berbuat sewenang-wenang itu. [Lalu Fahmi Husain]”

“Ibnu Abbas menuturkan, “Ketika Allah Azza wa jalla menurunkan ayat “janganlah kamu mendekati harta anak yatim kecuali dengan cara yang hak” dan “sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan zalim” ayat ini berangkat dari keadaan orang-orang yang mengasuh anak yatim, di mana mereka memisahkan makanan mereka dan makanan anak itu, minuman mereka dan minuman anak itu, mereka mengutamakan makanan anak itu dari pada diri mereka, makanan anak itu diasingkan di suatu tempat sampai dimakannya atau menjadi basi, hal itu sangat berat bagi mereka kemudian mereka mengadu kepada Rasulullah n Lalu Allah menurunkan ayat, “Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang anak yatim. katakanlah berbuat baik kepada mereka adalah lebih baik, dan jika kalian bercampur dengan mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu.” Kemudian orang-orang itu menyatukan makanan mereka dengan anak yatim.”

Kata motivasi anak yatim piatu paling menyentuh hati