Kata-kata bijak gus dur paling inspiratif

Gambar kata-kata gus dur

Gambar kata-kata gus dur

Kata motivasi gus dur – Siapa yang tidak mengenal presiden republik indonesia ke 4 ini? Seorang negarawan yang selalu membuat pernyataan yang kontroversial dan terkesan nyeleneh. Ya, gus dur. Beliau memiliki nama asli KH. Abdurrahman Wahid tetapi akrab dipanggil dengan nama Gus Dur. Beliau adalah salah seorang ulama’ besar yang menjadi presiden Republik Indonesia kala itu. Karena desakan umat dan kosongnya kepemimpinan, Gus Dur akhirnya mencalonkan diri sebagai presiden RI dan terpilih menjadi presiden ke-4.

Pemikirannya mengenai agama, nasionalisme dan modernisasi membuat Gus Dur dikenal hingga mancanegara. Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga mempunyai sosok yang bisa kita jadikan idola. Gus Dur juga dikenal sebagai pribadi yang santai, cerdas, santun dan suka guyon. Banyak kata-katanya yang diucapkan yang dapat menginspirasi kita anak muda untuk selalu memajukan Indonesia. Seperti berikut :

Kumpulan kata mutiara gus dur yang menginspirasi

“Agama jangan jauh dari kemanusiaan.”

“Bangsa ini menjadi penakut ! karena tidak berani dan tidak mau bertindak menghukum yang bersalah.”

“Berkat perbedaan, segalanya jadi terang benderang.”

“Bukankah dengan demikian menjadi jelas bagi kita bahwa menerima perbedaan pendapat dan asal muasal bukanlah tanda kelemahan melaikan awal dari kekuatan.”

“Faktor yang menyebabkan terjadinya konflik adalah mau menang sendiri tanpa batas, jadi tidak ada toleransi.”

“Indonesia bukan negara agama tapi negara beragama, ada enam agama yang di akui di indonesia jadi akui agama yang lain.”

“Indonesia butuh pemimpin yang jujur dan bisa dipercaya.”

“Islam datang bukan untuk mengubah budaya leluhur kita jadi budaya arab, bukan untuk “aku” jadi “ana” bukan “sampean” jadi “antum”, “sedulur” jadi “akhi”. pertahankan apayang jadi milik kita, kita harus serap ajaranya bukan budaya arapnya.”

“Islam itu tidak perlu dikerek jadi bendera.”

“Manusia tidak mungkin membuat perubahan-perubahan dalam pandangan hidup jika tidak bebas.”

“Mari kita wujudkan peradaban dimana manusia saling mencintai, saling mengerti, dan saling menghidupi. Karena persaudaraan kemanusiaan merupakan puncak dari persaudaraan yang akan memperkokoh persatuan kebangsaan dan persaudaraan keislaman.”

“Menurut berbagai agama, kepercayaan dan keyakinan, suatu jalan keselamatan tidak mungkin bisa dicapai atau dilewati kecuali dengan bergerak dan berusaha secara aktif menuju kebahagiaan yang di janjikan Tuhan.”

“Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar.”

“Tidak penting apa latar belakangmu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih baik untuk
“semua orang, orang tidak akan tanya apa agamamu, apa sukumu, apa latarbelakangmu.”

“Tidak pentingapapun agamamu atau sukumu, kalo kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, karena orang tidak pernah tanya apa agamamu.”

“Bukankah dengan demikian menjadi jelas bagi kita bahwa menerima perbedaan pendapat dan asal – muasal bukanlah tanda kelemahan, melainkan menunjukkan kekuatan!”.

“Pemahaman apa pun yang berbeda apalagi bertentangan bisa menjadi bibit – bibit perpecahan apalagi bertentangan, bisa menjadi bibit-bibit – bibit perpecahan dan persatuan bangsa”.

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin”.

“Sejarah lama kita sebagai bangsa memang sangat menarik. Rasa tertarik itu timbul dari kenyataan bahwa yang ditulis sering tidak sama dengan yang terjadi. Dengan kata lain, sejarah masa lalu, sering dijadikan alat legitimasi kekuasaan”.

“Marilah kita bangun bangsa dan kita hindarkan pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah. Inilah esensi tugas kesehjahteraan kita, yang tidak boleh kita lupakan sama sekali”.

“Pertanyaan dasarnya adalah, sanggupkah kita sebagai bangsa mengembangkan sikap meninggikan kepentingan bersama itu dan mengalahkan kepentingan pribadi para pemimpin bangsa kita?”.

“Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa adanya perbedaan”.

“Kalau Anda tidak ingin dibatasi, janganlah Anda membatasi. Kita sendirilah yang harusnya tahu batas kita masing – masing”.

“Guru spiritual saya adalah realitas. Dan guru realitas saya adalah spiritualitas”.

“Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu”.

“Guyonan CIA, di Indonesia sudah tidak ada teroris lagi, karena semua teroris sudah menjadi menteri”.

“Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga”.

“Tidak boleh ada pembedaan kepada setiap warga negara Indonesia berdasarkan agama, bahasa ibu, kebudayaan, serta ideologi”.

“Kalau sekarang ini ada yang menjelekkan nama Islam, kita didik agar membawa nama Islam yang damai”.

“Agama mengajarkan pesan-pesan damai dan ekstremis memutarbalikannya”.

“Kita ini celaka. 70% tanah air kita laut, tetapi garam saja impor. Kalau bodoh sih gak apa-apa, tapi kalau disengaja kok bodoh. Saya tahu impor setiap satu ton dapat 10 dollar. Jadi, impor itu hanya menguntungkan yang impor”.

“Keragaman adalah keniscayaan akan hukum Tuhan atas ciptaan-Nya”.

“Jadinya, kita menjadi bangsa yang jadi bahan tertawaan orang. Masak, Timor Leste yang kayak itu saja bisa permainkan kita”.

“Dalam hidup nyata dan dalam perjuangan yang tak mudah, kita bukan tokoh dongeng dan mitos yang gagah berani dan penuh sifat kepahlawanan. Kita, yang bukan tokoh mitos, yang punya anak, istri dan keluarga, mengenal rasa takut. Meskipun takut kita jalan terus, berani melompati pagar batas ketakutan tadi, mungkin disitu harga kita ditetapkan”.

“Saya tidak khawatir dengan dominasi minoritas. Itu lahir karena kita yang sering merasa minder. Umat Islam (mungkin karena faktor masa lalu) sering dihantui rasa kekalahan dan kelemahan”.

“Tidak ada TKI yang ilegal, yang ada negera memperlakukan pebiaran-pembiaran terhadap tumpah darah bangsanya”.

Kata-kata bijak gus dur paling inspiratif