Teks pidato sambutan acara pelepasan calon jemaah haji

Saturday, August 27th 2016. | Pidato
Acara pelepasan jemaah haji

Acara pelepasan jemaah haji

Contoh pidato pemberangkatan jemaah haji – Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang ke lima yang harus dilaksankan oleh umat muslim. Ibadah haji hukumnya, tapi yang wajib disini adalah orang yang sudah mampu serta mempunyai bekal untuk berangkat ke tanah suci. Sedangkan orang yang tidak mampu (tidak mempunyai biaya) itu tidak wajib untuk berangkat ke tanah suci.

Pada saat ini untuk berangkat ke tanah suci tidaklah mudah, beda dengan jaman-jaman yang sebelumnya. Dahulu kalau misalnya ingin berangkat ke tanah suci itu mudah sekali, tinggal daptar ke bagian pemberangkatan ibadah haji, kemudian setelah mendaptar dalam jangka waktu yang pendek sekitar satu bulan kita bisa kangsung berangkat kesana.

Naskah pidato sambutan pelepasan jemaah haji

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil ngalamin washolatu wassalamu ngala asrofil ambiyai walmursalin waala alihi wasohbihi ajmangin ammabadu.

Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini, saya mengajak kita semua untuk melambungkan puji dan syukur ke hadiran Allah atas rahmat-Nya yang dilimpahkan kepada kita semua. Kita bersyukur karena Tuhan berkenan menyatukan kita semua dalam rangka ikut serta menyaksikan keberangkatan saudara-saudara kita yang beberapa saat lagi akan melakukan perjalanan panjang menuju tanah suci. Harapan kita adalah semoga mereka aman dan selamat sampai di tempat tujuan dan kembali ke 4anah air dengan selamat juga.

Tentu kita semua tahu bahwa naik haji merupakan salah satu dari rukun Islam. Ibadah haji merupakan sesuatu yang cukup berat bagi orang yang tidak berpunya. Kerena itu, melaksanakan ibadah haji paling tidak dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu pertama biaya naik haji dari tahun ke tahun semakin naik, kedua, kondisi kesehatan yang harus dijaga. Kedua factor ini saling terkait satu sama lain. Oleh karena itu kita harus menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kesehatan sehingga nantinya kita semua dapat melakukan ibadah haji pada waktunya.

Saudara-saudaraku yang saya cintai,

Agama kita mengajarkan supaya kita rajin menabung dan bekerja keras. Dengan demikian, hasil kerja keras kita dapat memperofeh buktinya, bukan sesuata yang sia.-sia. begitu saja. Kita bisa menabung sehingga dapat melakukan ibadah haji. Kedua hai ini akan berjalan dengan baik apabila disertai dengan niat yang tulus dan suci. Untuk itu, kita wajib menjaga kesehatan agar tetap terus bekerja.

Jika kita mempunyai niat yang baik, tentunya lata bisa menjaga keseimbangan sebagaimana sudah saya katakan tädi Saudara-saudara kita yang pada saat ini akan melakukan perjalanan untuk melakukan ibadah haji tentunya sangat beruntung dan berbahagia. Mereka bisa melakukan salah satu rukun Islam. Belum tentu semua orang bisa melakukan hai seperti ini.

Hadirin yang saya banggakan….

Saudara-saudara kita yang sebentar lagi melakukan perjalanan ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji tentu berdasarkan iman yang teguh dan harapan yang kuat Oleh karena itu, ibadah haji yang bapak-bapak, ibu-ibu jalankan saat ini adalah berkat dorongan iman sekaligus sebagai perwujudan dari rasa syuknr kepada Allah atas limpahan karunia-Nya kepada kita, baik berupa kekayaan materiil maupun sprituil. Sungguh besar harapan kami kepada bapak-bapak dan ibu-ibu dalam menunaikan ibadah haji bisa selamat sampai di tempat tujuan dan pulang kembali dalam keadaan selamat. Untuk itu, kami mengucapkan selamat jalan, selamat menunaikan ibadah haji, jagalah kesehatan. Semoga perjalanan lancar dan tidak ada halangan apapun.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

Artikel di cari :