Contoh pidato singkat tentang menjaga kesehatan

Monday, September 5th 2016. | Pidato
Tema pidato kesehatan

Tema pidato kesehatan

Pidato sambutan tentang kesehatan – Kesehatan merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Dengan sehat kita bisa melakukan aktivitas kita dengan maksimal. Bayangkan jika kita bersekolah dengan keadaan sakit, pastilah kita tidak merasa konsentrasi, teliti, serta tidak bisa maksimal dalam menerima penjelasan dari guru. Berbeda jika kita bersekolah dalam keadaan sehat bugar, kita akan merasa semangat, konsentrasi, perasaan kita akan merasa riang, dan belajar kita disekolah bisa maksimal.

Bagi kita yang sudah mendapatkan kesehatan, patutlah kita bersyukur kepada Tuhan atas nikmat yang diberikan kepada kita, yaitu kesehatan. Bagaimana agar kita tetap sehat, tentu dengan menjaganya. Caranya dengan berpola hidup sehat, makan makanan bergizi, rajin berolah raga, banyak-banyak refreshing, dan masih banyak kegiatan lain yang bisa untuk menjaga kesehatan kita.

Kumpulan pidato bertema kesehatan

Pidato 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yth. Ibu Guru Wali Kelas IX B,
dan teman-teman yang berbahagia.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas karuniaNYA yang tidak henti-hentinya memberikan nikmat yang tidak akan mampu kita hitung. Salah satu nikmat yang diberikan adalah nikmat kesehatan yang patut kita syukuri setiap saat. Apabila kesehatan yang telah diberikan Allah SWT kemudian ditarik kembali maka apa yang akan terjadi pada diri kita ?

Karena itu perlu kita upayakan untuk selalu menjaganya. Salah satu cara menjaga kesehatan ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang menerapkan pola hidup sehat, Tetapi saya yakin banyak juga yang belum menjalankannya bahkan tidak tahu seperti apa pola hidup sehat itu.

Melalui kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang pola hidup sehat dengan harapan dapat diterapkan atau paling tidak sudah mengetahui apa saja yang termasuk pola hidup sehat.

Jadi pola hidup sehat itu adalah cara mengatur kebiasaan hidup sehari-hari dengan menjalankan berbagai aturan yang mendukung kesehatan dengan menjaga makanan, melakukan olahraga, istirahat yang cukup dan lain sebagainya.

Menjaga makanan tentulah sangat penting, Perhatikan jumlah kalori dan gizi yang terkandung di dalam porsi makanan jangan sampai punya prinsip “asal kenyang” yang akhirnya akan merusak pola makan tersebut.

Olahraga juga merupakan cakupan pola hidup sehat yang amat diperlukan bahkan harus dilakukan. Banyak dari kita yang masih enggan untuk melakukan hal yang satu ini. Kebiasaan olahraga pun perlu dimulai sejak usia dini sehingga akhirnya akan melahirkan generasi yang sehat dan kuat.

Selain olahraga, Istirahat yang cukup juga menjadi prioritas. Istirahat yang dimaksud di sini ialah tidur yang berkualitas, Artinya saat tidur tubuh harus terlelap tanpa selalu terbangun. Sehingga tubuh akan kembali sehat dan beraktifitas dengan penuh semangat.

Tentunya semua pola hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri dengan sadar diri tanpa paksaan orang lain. Awal pelaksaan mungkin akan terasa amat berat, Tetapi jika dilakukan dengan niat yang kuat, sedikit demi sedikit maka akan mulai terbiasa yang akhirnya menjadikannya suatu kebiasaan hidup sehat yang baik.

Sebagai penutup, Saya mengajak teman-teman untuk mulai menerapkan pola hidup sehat demi terciptanya generasi yang sehat dan kuat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pidato 2

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera

Kepada yang terhormat Bapak Anwar Mulyanto Widodo selaku kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak Ridho Akbar selaku wakil kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff
dan teman-teman yang saya cintai dan banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, tuhan yang maha esa, karena berkat karunia dan nikmat-Nya kita semua dapat berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW semoga kita diberikan syafaatnya di yaumil kahir kelak amiin .

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya menyampaikan sebuah pidato singkat tentang “Pentingnya Menjaga Kesehatan Demi Masa Depan” agar kita semua sadar akan kesehatan tubuh kita.

Hadirin yang berbahagia,

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” Pepatah ini menjelaskan bahwa jika kita memiliki tubuh yang sehat, tentunya jiwa dan pikiran kita juga akan menjadi sehat. Ada juga semboyan yang mengatakan bahwa kesehatan sangatlah mahal harganya. Coba bayangkan keadaan kita sekarang ini yang masih bisa menikmati hidup dan bercengkrama dengan teman-teman. Lalu bayangkanlah jika tiba-tiba kita terkena penyakit stroke atau penyakit jantung, pasti sangat tidak mengenakan bukan? kita juga harus mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk mengobati penyakit tersebut, dan banyak waktu kita yang terbuang sia-sia ketika kita dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kita.

Jika kesehatan kita tetap terjaga maka kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan nyaman sehingga kita bisa meraih prestasi yang tinggi untuk menggapai masa depan kita. Tubuh yang sehat akan membuat kita berkonsentrasi dalam belajar dan juga membuat daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik saat belajar. Hal ini dikarenakan tubuh yang sehat akan memacu otak kita untuk bekerja secara optimal. Kesehatan juga tidak hanya baik untuk masa depan kita, tetapi baik juga untuk masa depan bangsa kita. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dihuni oleh rakyat yang sehat baik jasmani maupun rohani. Namun, jika suatu bangsa dipenuhi dengan orang-orang yang tidak sehat terutama rohaninya, maka masa depan bangsa itu dijamin akan hancur ditangan rakyatnya sendiri.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagai pelajar, kita harus bisa menjaga kesehatan diri kita sendiri dimulai dari hal-hal yang kecil, misalnya bangun pagi tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan secukupnya sebelum berangkat sekolah. Selain hal-hal kecil tersebut, kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Ada beberapa gaya hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah:

Rajin berolah raga, tubuh kita memerlukan olahraga untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita sehingga zat-zat nutrisi yang ada di dalam tubuh bisa diserap secara maksimal. Berolahragalah dengah teratur minimal 3 kali seminggu seperti jogging, berenang dan lain-lain.

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah menjaga pola makanan. Makanlah makanan menu 4 sehat 5 sempurna karena tubuh kita memerlukan nutrisi-nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Namun, jauhilah makanan-makanan yang tidak sehat seperti junk food, alcohol dan lain-lain karena makanan-makanan tersebut berbahaya. Contohnya jika kita terlalu banyak memakan junk food seperti gorengan dan makanan tinggi lemak lainnya akan menimbulkan kolestrol dan membuat kita terkena stroke dan serangan jantung.

Selanjutnya menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita karena lingkungan yang kotor merupakan sumber daripada penyakit. Dan yang terakhir adalah menghindari kebiasaan-kebiasaan yang buruk seperti merokok, minum alcohol dan begadang. Dengan menerapkan pola hidup seperti yang telah diuaraikan diatas, insyaallah kita akan menjadi sehat.

Hadirn yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya mengingatkan kembali bahwa marilah kita jaga kesehatan diri kita mulai dari sekarang, jangan menunggu sampai penyakit menyerang kita karena ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Mulailah dengan melakukan pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga sehingga kita bisa meraih masa depan kita.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan, Semoga apa yang telah saya sampaikan ini berguna buat kita semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wabilaihi Taufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Artikel di cari :